Arif Rachmat: Kegagalan Pemicu Untuk Bangkit dan Maju

Arif Rachmat, CEO PT Triputra Agro Persada Group telah 12 tahun menggeluti bisnis kelapa sawit baik di Sumatera Utara dan Kalimantan. Beliau sempat tinggal di Amerika Serikat sekitar 15 tahun, pada tahun 2005, kecintaannya pada tanah air membawanya kembali ke Indonesia.

Arif kemudian memilih untuk mengembangkan industri agrikultur. Salah satu dari empat bidang yang menjadi lini usaha perusahaan PT Triputra Agro Persada selain pertambangan, manufaktur, dan perdagangan.

Berbagai pengalaman telah dikecap oleh Arif. Menurutnya, kegagalan itu bukan akhir segalanya. Namun belajar dari kegagalan itu dapat menjadi pemicu seseorang untuk bangkit dan maju. Itulah hal yang pernah disampaikan oleh Arif di hadapan ratusan siswa SMA 1 Teladan Yogyakarta dalam acara Kelas Inspirasi, Menyemai Semangat Kewirausahaan SMA 1 Jl HOS Cokroaminoto, Yogyakarta, pada 2017 silam.

“Untuk menjadi seorang pengusaha yang ulet itu harus berani mengambil risiko,” ungkap Arif Rachmat seperti dilansir dari Detik Finance.

Dalam kesempatan tersebut Arif menuturkan bagaimana pada awal usahanya ia juga pernah mengalami kebangkrutan. Namun hal itu tidak menjadikan dirinya patah semangat tapi justru bangkit untuk maju. Bahkan bila ada orang lain yang menertawakan dengan apa yang dikerjakan dia tidak pernah berputus asa. “Diketawai orang itu justru jadi pemicu kita untuk maju,” katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Arif juga pernah menuturkan bagaimana kerja keras ia dan ayahnya saat merintis usaha tambang dan sawit tidak mudah dan sempat mengalami sedikit kendala. Penyebabnya pun beragam, mulai dari soal lahan tambang hingga lahan untuk perkebunan sawit yang kurang layak. “Investasi di mining ternyata tambangnya tidak sesuai. Sama di kelapa sawit beli lahan ternyata lahannya peruntukannya bukan untuk kelapa sawit. Mungkin jatuh bangunnya di situ,” tutur Arif.

Dia juga ingat pesan ayahnya saat akan bekerja pertama kali. Ayahnya berpesan kalau mau bekerja, jangan lihat gajinya atau jabatannya tetapi pengalaman apa yang didapat selama bekerja. Banyak bekal yang didapatkan oleh Arif sama berada di luar negeri. Salah satu pengalaman yang ia dapatkan adalah saat bekerja di perusahaan General Electric (GE) di Amerika Serikat di mana ia dapat belajar dan menguasai operational skill dan strategic skill.

Dengan pengalaman jatuh-bangunnya ini, Arif berhasil menyabet penghargaan Indonesian Most Admired CEO pada tahun 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *