‘Business First Family Second’ ala Arif Rachmat

Arif Rachmat merupakan salah satu dari sekian orang yang mendapat penghargaan Indonesia Most Admired CEO 2017. CEO dari PT Triputra Agro Persada Group ini merupakan putra dari pengusaha Theodore P Rachmat, yang sebelumnya pernah bekerja untuk Astra Group selama kurang lebih 30 tahun lamanya. Rupanya memiliki seorang ayah yang berpengalaman membuat Arif mewarisi prinsip-prinsip usaha sang ayah. Salah satunya filosofi “business first, family second.

“Jujur saja, saya dan kakak saya sangat terkejut. Apa maksudnya itu? Apakah Papa lebih cinta perusahaan daripada keluarga?” ujar Arif seperti dikutip dari Berita Satu.

Arif sendiri menyadari sebenarnya mereka tahu bahwa sang ayah adalah orang yang sangat mencintai keluarga. “Ternyata memang bisnis yang dimaksudnya adalah legacy, bukan uang,” lanjut Arif.

Ia menjelaskan, legacy adalah cara membuat perusahaan menjadi national champion, sehingga daya saing Indonesia naik dan taraf hidup masyarakat meningkat. “Menurut Pak Teddy, itu adalah cara terbaik untuk menghilangkan kemiskinan di Indonesia. Jadi, itu tujuan utamanya,” paparnya.

Ia pun melanjutkan apa sebebnarnya makna yang terkandung dalam perkataan sang ayah.

“Ternyata yang beliau alami dan observasi selama ini, banyak perusahan gagal berkembang karena pemegang sahamnya lebih mengutamakan mereka daripada perusahaan itu sendiri. Padahal, perusahaan memiliki kehidupan sendiri dan tujuan yang mulia,” terang Arif.

Sebagai contoh, Arif memaparkan, ada uang yang diambil seenaknya oleh pemegang saham atau ada keluarga yang tidak kompeten tetapi memiliki jabatan di perusahaan. Theodore Rachmat yang akrab disapa Teddy mengajarkan putra-putranya bahwa perusahaan itu bukan hak, tetapi kewajiban atau amanah.

Privilege untuk keluarga harus memastikan tujuan itu tercapai,” tandasnya.

Selain fokus menggeluti bisnisnya, Arif juga giat dalam menjalankan berbagai aktivitas sosial di bawah bendera Yayasan Gerakan Kepedulian Indonesia (GKI). PT Triputra Agro Persada Group sendiri bergerak di berbagai macam bidang. Diantaranya adalah industri energi, suku cadang dan salah satu yang menjadi fokus dari perusahaan ini adalah agrobisnis terutama di bidang kelapa sawit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *