Lulusan Perguruan Tinggi Miliki Kesempatan Besar Berkarir di Industri Sawit

Saat ini pemerintah tengah gencar-gencarnya mencanangkan pemerataan ekonomi melalui program vokasi dengan memperhatikan 3 (tiga) pilar utama yaitu lahan, kesempatan dan kapasitas sumber daya manusia. Merujuk dari hal tersebut, inisiasi pemerintah tersebut dapat berjalan dengan adanya sinergi antara perguruan tinggi dan dunia industri, sehingga terjadi link and match untuk penyerapan tenaga kerja sesuai kebutuhan industri.

Seperti yang dilansir dari Kompas.com, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan, pendidikan vokasi diharapkan dapat fokus pada enam sektor industri, yakni manufaktur, agribisnis, pariwisata, kesehatan, pekerja migran dan ekonomi digital. Kepada Kompas Hanif mengatakan bahwa pemerintah ingin investasi melalui pendidikan dan pelatihan vokasi sesuai dengan kebutuhan di pasar di sektor yang sudah ada, yaitu enam sektor tersebut.

Sebagai perusahaan besar yang bergerak di industri kelapa sawit nasional, PT Triputra Agro Persada membuka kesempatan bagi para mahasiswa untuk magang, juga berkarir bersama mereka. Salah satu peran serta Triputra untuk mewujudkan link and match penyerapan tenaga kerja sesuai kebutuhan industri ini adalah dengan meluncurkan program 1–JOiN TAP.

1-JoiN TAP adalah sebuah program dimanapara mahasiswa dapat melaksanakan magang atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) di lingkungan perusahaan Triputra. Program 1-JoiN TAP telah diluncurkan oleh Triputra bersama Universitas Jember sejak awal tahun ini.

Seperti dikutip dari situs resmi Universitas Jember, kesempatan bermagang atau PKL di perkebunan dan pabrik kelapa sawit Triputra ini terbuka bagi berbagai jurusan seperti Agribisnis,  Agroteknologi, Teknologi Basil Pertanian, Teknik Sipil, Teknik pertanian, Akuntansi,  Teknik mesin, Teknologi industri pertanian dan Budidaya tanaman perkebunan. Nantinya, para mahasiswa magang ini akan ditempatkan di lingkungan perusahaan yang berlokasi di Kalimantan dan Sumatera.

Selain terjung langsung ke lokasi industri, program 1-JoiN TAP juga membuka kesempatan bagi para mahasiswa untuk bermagang atau menjalankan PKL di kantor pusat mereka yang berada di Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Sekatan. Adapun jurusan yang relevan untuk kesempatan ini adalah Akuntansi, Manajemen, Psikologi, Teknik industri, Hukum, Geologi, IT, Sekretaris, Teknik Pertanian dan Agribisnis.

Perusahaan yang bergerak di bidang industri kelapa sawit dan karet memiliki program ekspansi dan perkembangan yang pesat. Sehingga PT Triputra Agro Persada memerlukan tenaga-tenaga  muda yang berpotensi dan berorentasi masa depan. Tahun lalu, Triputra telah bekerja sama dengan Universitas Jendral Soedirman (Unsoed) Purwokerto. Kerja sama yang digelar oleh kedua belah pihak ini dilakukan melalui Campus Hiring. Bentuk kerja sama ini adalah rekrutmen tenaga kerja dengan Fakultas Pertanian Unsoed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *