Mengintip 4 Kunci Sukses Berbisnis dari CEO PT Triputra Agro Persada

Menjalankan perusahaan tentu bukanlah hal yang mudah. Untuk mencapai kesuksesan, dibutuhkan kapasitas dan kapabilitas signifikan yang harus dimiliki oleh sang pemimpin. Hal ini pula yang dirasakan oleh CEO dari PT Triputra Agro Persada Group (TAP), Arif Rachmat. Namanya mungkin tak begitu familiar di telinga banyak orang. Namun pria ini merupakan pemimpin dari korporat besar dengan beberapa badan usaha di berbagai bidang, di antaranya perkebunan, pertanian hingga manufaktur.

Kendati memiliki beberapa badan usaha sekaligus, nyatanya Arif berhasil membawa perusahaannya menuju kesuksesan. Apa saja jurus-jurus sukses berbisnis dari Arif sehingga bisa meraih kejayaan seperti perusahaannya sekarang ini?

Mengutip reportase Liputan6.com, Sabtu (28/4), berikut empat kunci sukses bisnis dari Bos perusahaan PT Triputra Agro Persada.

  1. Temukan Apa yang Anda Suka

Arif menjabarkan, hidup bermakna bisa didapat apabila seseorang dapat menemukan apa yang ia sukai. Maka dalam membangun sebuah bisnis, hal ini juga harus diterapkan.

“Kalau mau buat hidup kita bermakna kita harus terobsesi. Poin pertama yang harus kalian lakukan adalah temukanlah apa yang kalian sukai,” tutur Arif.

  1. Banyak Membaca

Selain harus bekerja keras, Arif juga menandaskan kunci kesuksesan seorang pebisnis terletak dari sifat mereka yang ingin selalu belajar. Ilmu tersebut bisa didapat di berbagai tempat, termasuk dari buku bacaan.

“Ayah itu sering kasih saya buku, buku untuk memperbaiki diri. setiap saya punya kekurangan, saya selalu di kasih buku. Begitu banyak buku yang saya baca. Tapi dengan itulah saya bisa memperbaiki diri,” ungkap Arif.

  1. Bangun Kultur Perusahaan

Langkah ketiga yang harus dilakukan tak lain adalah dengan membangun kultur perusahaan. Menurut Arif, perusahaannya mempunyai budaya perusahaan yang mengutamakan etos kerja, keterampilan serta empati terhadap sesama.

Arif menyampaikan, fondasi bisnis yang bagus dan berkelanjutan juga wajib membangun budaya kuat. Lalu bagaimana membangun budaya kuat? Dimulai dari diri sendiri.

“Kadang orang lupa memulai diri sendiri. Kadang bilang kita harus bangun¬†team work¬†tapi suka cekcok,” ujarnya.

  1. Punya Ciri Khas

Agar bisa bertahan lama dalam dunia persaingan, sebuah bisnis harus punya ciri khas yang membedakannya dengan kompetitor yang lainnya. Ciri khas ini bisa didapat dengan memanfaatkan kelebihan yang dimiliki.

Sebagai informasi, meski perusahaan yang dikelola Arif masih relatif masih muda, namun terbukti usahanya telah berkembang pesat di beberapa wilayah provinsi di Indonesia. Hal ini diakuinya karena bisa mempertahankan ciri khas yang dimiliki korporat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *