Orangtua Sumber Inspirasi Arif Rachmat

PT Triputra Agro Persada adalah perusahaan yang bergerak di sektor kelapa sawit dan tetap fokus pada komoditi yang menjadi unggulan Indonesia ini. Saat ini, luas perkebunan sawit yang dimiliki Triputra mencapai sekitar 170 ribu hektar yang tersebar diberbagai provinsi terutama di Kalimantan.

Arif Rachmat merupakan salah satu dari sekian orang yang mendapat penghargaan Indonesia Most Admired CEO 2017. Selain fokus menggeluti bisnisnya, Arif juga giat dalam menjalankan berbagai aktivitas sosial di bawah bendera Yayasan Gerakan Kepedulian Indonesia (GKI).

Kesuksesan seorang anak tentu saja tidak terlepas dari didikan orangtua. Kepada Investor Daily, ia pun menuturkan bagaimana kedua orangtuanya menjadi sumber inspirasi untuk sang CEO PT Triputra Agro Persada Group ini.

“Sejak lahir sampai usia saya 10 tahun, yang menjadi role model saya adalah ibu. Ibu memberikan pengaruh paling besar, setelah itu baru ayah saya. Saya banyak sekali belajar dari berbagai macam leader,” papar Arif.

Dari sang ayah yang tidak lain adalah pengusaha Theodore P. Rachmat yang akrab dikenal dengan nama Teddy Rachmat, Arif mendapat filosofi “business first, family second”. Sepintas, ungkapan tersebut memang terdengar ‘agak ekstrim’. Mendahulukan bisnis daripada keluarga. Tapi tentu saja kata-kata tersebut tidak bisa langsung diartikan secara harfiah dan ada makna yang terkandung di baliknya.

Maksudnya adalah, banyak perusahan gagal berkembang karena para pemegang sahamnya lebih mengutamakan pribadi mereka daripada perusahaan itu sendiri.

“Padahal, perusahaan memiliki kehidupan sendiri dan tujuan yang mulia. Sebagai contoh, ada uang yang diambil seenaknya oleh pemegang saham atau ada keluarga yang tidak kompeten tetapi memiliki jabatan di perusahaan,” jelas Arif. “Perusahaan itu bukan hak, tetapi kewajiban atau amanah.,” pungkasnya.

Selain fokus menggeluti bisnisnya, Arif juga giat dalam menjalankan berbagai aktivitas sosial di bawah bendera Yayasan Gerakan Kepedulian Indonesia (GKI). PT Triputra Agro Persada Group sendiri bergerak di berbagai macam bidang. Di antaranya adalah industri energi, suku cadang dan salah satu yang menjadi fokus dari perusahaan ini adalah agrobisnis terutama dibidang kelapa sawit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *